Menikmati Keindahan Sunset di Candi Ijo

Menikmati Keindahan Sunset di Candi Ijo

Di Jogja, Salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam atau sunset adalah di Candi Ijo. Candi yang terletak di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman ini sejak lama telah menjadi tempat populer bagi masyarakat sekitar atau pun dari luar daerah untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam. Lokasinya yang berada di atas bukit membuat pemandangan di kala senja menjadi begitu indah dan luar biasa. Suasana menjadi lebih syahdu karena berada di tengah-tengah candi  peninggalan nenek moyang yang begitu indah dan dramatis.

Candi Ijo sendiri merupakan candi Hindu yang diperkirakan dibangun pada abad ke-10 hingga 11 pada masa kerajaan Mataram Kuno. Candi ini unik karena Candi Ijo berada di sebuah bukit yaitu Bukit Gumuk Ijo. Oleh kerena itu candi ini dinamai nama sama dengan nama bukit tempat didirikannya candi ini. Candi Ijo sendiri merupakan candi dengan lokasi tertinggi di Jogja yaitu berada di ketinggian 410 dpl. Jadi tidak salah jika pemandangan di tempat ini sangat indah.

Karena lokasinya yang berada di atas sebuah bukit membuat pemandangan di sekitar candi ini tampak begitu indah. Dari atas ketinggian bukit, para pengunjung bisa melihat hamparan dataran rendah di sisi barat candi. Pemandangan alam seperti sawah, perkampungan, tumbuhan, dan lain sebagainya tampak di dari atas. Selain itu Bandara Adi Sucipto tampak jelas dijihat di lokasi ini sehingga wisatawan bisa menyaksikan kegiatan pesawat yang naik turun di bandara. Jika cerah pemandangan Gunung Merapi juga bisa disaksikan dengan jelas.

Pada dasarnya para wisatawan yang datang ke candi ini adalah mereka yang ingin menyaksikan keindahan matahari saat terbenam. Di kala sore banyak wisatawan baik anak muda maupun orang dewasa yang datang ke candi ini agar bisa melihat betapa indahnya pemandangan dikala matahari terbenam. Sebelum menyaksikan terbenamnya matahari mereka bisa menikmati bersantai sembari bangunan-bangunan candi yang ada di kawasan tersebut. Kawasan ini sangat nyaman digunakan untuk bersantai karena telah ditata dengan baik dan juga kebersihannya terjaga.

Saat senja tiba, pemandangan matahari yang berlahan turun ke ufuk barat menjadi sajian utama di Candi Ijo. Para wisatawan biasanya duduk berjejer di sekitaran candi untuk menyaksikan momen indah ini. Siluet-siluet candi yang dihasilkan oleh cahaya matahari menambah keindahan saat menyaksikan momen ini. Oleh karena itu banyak orang yang datang ke candi ini untuk menghabiskan sore mereka dengan kenangan yang indah. Lokasinya berdekatan dengan Tebing Breksi sehingga tidak sulit untuk menuju tempat ini.

Lokasi:

Candi ini terletak di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Transportasi terbaik untuk rombongan besar adalah mengunakan elf. Karena cukup riskan jika mengunakan bus sehingga sewa elf di Jogja lebih dianjurakan.

Tiket Masuk:

Wisatawan hanya akan dikenai retribusi sebesar Rp. 5.000,- per orang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *