Jenis-Jenis Bus Pariwisata di Jogja

Jenis-Jenis Bus Pariwisata di Jogja

Setiap harinya banyak bus-bus pariwisata yang hilir mudik di jalanan Jogja. Berbagai macam jenis bus dari berbagai ukuran hadir untuk mengantar para wisatawan ke lokasi yang mereka inginkan. Pada dasarnya bus parawisata di Jogja atau Indonesia dibagi menjadi 3 ukuran yaitu: mini bus, medium bus dan big bus. Kesemuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apa saja jenis-jenis bus pariwisata yang sering dipakai oleh jasa oleh pengusaha jasa transportasi di Jogja? Berikut penjelasan singkat dari kami:

  1. Mini Bus

Jenis bus pertama adalah mini bus. Bus pariwisata jenis ini memiliki dimensi (501,5cmx305cmx169,5cm). Dengan ukurannya yang kecil maka bus ini mampu menampung penumpang 21-25 penumpang dewasa. Mini bus biasanya didesign untuk angkutan eksekutif dan lebih mementingkan kenyamanan para penumpangnya. Dengan ukurannya yang tidak besar maka akan mempermudah menjangkau setiap objek wisata yang ada di Jogja. Bus jenis ini juga memiliki tarif sewa yang murah dibandingkan dengan jenis bus lainnya. Bagi wisatawan yang rombongannya berjumlah 21-25 orang bisa menyewa bus jenis ini karena lebih irit biasa sewa dan juga nyaman.

  1. Medium Bus

Jenis bus selanjutnya adalah medium bus. Sesuai dengan namanya bus jenis ini berukuran lebih besar deri pada mini bus. Medium bus pada umumnya memiliki ukuran 779cm x 260cm x 225cm. Dengan ukuran yang lebih besar dibanding mini bus, otomastis bus ini bisa menampung lebih banyak orang yaitu antara 31-33 penumpang dewasa. Walau berukuran sedang bus ini mampu menjangkau beberapa objek wisata di Jogja yang akses jalannya cukup sempit. Untuk tarif sewa, tentu saja lebih mahal jika dibandingkan dengan mini bus. Namun jika rombongan Anda berjumlah 30an sebaiknya menyewa bus jenis ini karena lebih nyanam dan aman.

  1. Big Bus

Jenis bus yang terakir adalah big bus. Bus ini berukuran paling besar di antara bus-bus lainnya. Bus dengan ukuran 1211,4cm x 246cm x 287,7cm ini mampu menampung penumpang hingga 50 orang. Dengan jumlah yang bisa ditampung maka bus jenis ini cocok untuk dipakai oleh rombongan besar hingga 50 orang. Kekurangan dari bus jenis ini adalah sulit untuk mengakses tempat-tempat wisata yang jalannya sempit seperti Kebun Buah Mangunan atau Gunung Purba Nganggeran.

Demikanlah penjelasan singkat mengenai jenis-jenis bus pariwisata yang biasa digunakan oleh pengusaha transportasi di Jogja. Semoga penjelasan kami di atas bisa berguna dan bisa menjadi tambahan referensi bagi Anda saat akan sewa bus murah di Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *