Berselancar di Gumuk Pasir Parangkusumo

Berselancar di Gumuk Pasir Parangkusumo

Kabupaten Bantul, Yogyakarta memiliki berbagai macam objek wisata alam yang unik dan mempesona salah satunya adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Bagi wisatawan yang ingin berlibur sembari melihat sesuatu yang unik mereka bisa datang ke tempat ini. Wisatawan bisa menlihat hamparan pasir dan bukit-bukit pasir yang berjejer di tepi laut selatan. Anda tidak perlu bersusah payah merogoh kocek dalam-dalam untuk pergi ke Timur Tengah atau Afrika untuk melihat padang pasir, datang saja ke Jogja tepatnya ini.

Gumuk sendiri merupakan bahasa Jawa yang berarti bukit sehingga gumuk pasir adalah bukit berpasir. Kawasan ini dinamai demikan karena banyak ditemui bukit-bukit berpasir yang sebagian ditutupi oleh ilalang sehingga mirip dengan keadaan di padang pasir. Pasir-pasir tersebut tercipta dari fenomena alam yang terjadi selama ribuan tahun yaitu dimana pasir dari Gunung Merapi yang terbawa oleh aliran sungai Opak dan mengendap di muara sungai kemudian tertiup angin samudera yang kemudian menciptakan fenomena alam ini.

Saat ini, pemerintah daerah dan masyarakat sekitar telah mengelolanya dengan baik sehingga kawasan Gumuk Pasir Parangkusumo yang dulunya tertutup ilalang telah dibersihkan sehingga menjadi bersih dan menarik. Selain dan fasilitas umum seperti toilet, warung dan sebagainya dibangun untuk membuat nyaman wisatawan yang berkunjung di tempat ini. Di tempat ini yang menjadi daya tarik utama tentu saja pemandangan bukit pasir tersebut. Pengunjung akan merasa berada di sebuah padang pasir yang luas dan tandus jauh.

Pengunjung yang datang pada umumnya singgah ke tempat ini setelah atau sebelum berwisata di Pantai Parangtritis karena lokasinya yang berdekatan sehingga banyak dari mereka yang menyempatkan diri untuk mampir melihat fenomena ini. Gumuk pasir merupakan tempat yang cocok untuk berwisata bersama pasangan atau keluarga dan juga teman. Banyak pengunjung yang menghabiskan waktu mereka di tempat ini dengan berfoto mendokumentasikan kegiatan mereka saat berada di tempat ini karena pemandangannya yang beda dan unik.

Selain itu pengunjung yang menyukai kegiatan ekstrim bisa mencoba serunya berselancar dari atas bukit menuju lembah bukit dengan mengunakan sebuah papan seluncur. Papan seluncur ini bisa isa di sewa ditempat-tempat penyewaan papan selancar ini. Kegiatan ini cukup aman selain itu terdapat sebuah pemandu yang siap memberi bantuan dan masukan mengenai cara berselancar diatas pasir. Ramainya objek wisata ini membuat banyak wisatawan yang sewa bus Jogja  untuk ke tempat ini.

Lokasi:

Gumuk Pasir terletak di Jl. Gumuk Pasir, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772

Tiket:

Untuk tiket masuk dikenai retribusi Rp.5000,- per orang.

Tips:

  1. Gunakan sunblock untuk melindungi kulit dari terik matahari.
  2. Bawa penutup kepala seperti topi.
  3. Bawa baju bersih jika tertarik untuk berselancar di Gumuk Pasir.
  4. Bawa air mineral.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *